Minggu, 22 Januari 2023

Aksi Nyata Topik 3 Pembelajaran Berdiferensiasi

Nama               : SARI PURWANINGSIH

NIM                : 2200103912800017

Mata Kuliah    : Pembelajaran Berdiferensiasi

AKSI NYATA

TOPIK 3

1.      Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?

Saya merasa puas dengan proses belajar pada topik ini karena saya mendapatkan banyak pengetahuan baru di eksplorasi konsep yaitu bermacam strategi pembelajaran berdiferensiasi seperti Project-Based Learning, Small Group Discussion, Jigsaw Reading, dan Strategi Problem-Based Instruction serta contoh penerapannya. Pada koneksi antar materi, saya juga diminta untuk mengaitkan materi topik ini dengan pembelajaran di mata kuliah lain sehingga pembelajaran pada topik ini lebih bermakna.

 

2.      Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?

Setelah mempelajari topik ini saya mempunyai ide untuk merancang serta menerapkan strategi-strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan karakteristik, level kemampuan serta kebutuhan peserta didik sehingga pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan maksimal.

 

3.      Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?

Langkah awal yang saya lakukan adalah memahami strategi-strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi dan cara penerapannya (sintaks-sintaksnya). Setelah itu memetakan peserta didik sesuai kebutuhan, minat belajar dan profilnya dan dilanjutkan dengan menentukan salah satu strategi pembelajaran yang akan diterapkan. Membuat perangkat pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan profil peserta didik dan menerapkannya. Langkah terakhir adalah melakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar.

 

4.      Apa yang melatarbelakanginya?

Hal yang melatarbelakangi saya melakukan ide tersebut adalah saya menyadari bahwa setiap peserta didik memiliki karakteristik, kondisi dan kebutuhan belajar yang berbeda, sehingga dalam pembelajaran membutuhkan perlakuan yang berbeda pula. Peserta didik dengan usia yang sama belum tentu memiliki tingkat kemampuan dan kebutuhan yang sama. Dengan begitu guru harus mampu mengakomodir keberagaman peserta didik dalam kelas. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sehingga setiap kebutuhan peserta didik terpenuhi

 

5.      Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik tersebut. Dengan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan profil peserta didik, diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Peserta didik belajar dengan rasa senang tanpa adanya sebuah paksaan atau tuntutan yang membuat mereka menjadi tertekan atau tidak nyaman ketika belajar di sekolah. Sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan akan tercapai.

 

6.      Apa indikator keberhasilannya?

·         Peserta didik merasa nyaman selama pembelajaran

·         Peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi.

·         Peserta didik dapat aktif mengikuti pembelajaran.

·         Peserta didik memahami materi yang disampaikan.

·         Peserta didik mampu merefleksi pembelajaran yang telah disampaikan dengan baik

·         Meningkatnya hasil belajar setiap peserta didik,

 

7.      Bagaimana langkahnya?

·         Menemukenali karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan peserta didik.

·         Melakukan asesmen kepada peserta didik agar memahami karakteristik, level kemampuan dan kebutuhan yang dimiliki setiap peserta didik.

·         Merancang strategi pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan

·         Mengimplementasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi, mulai dari diferensiasi konten/isi, proses, produk serta lingkungan belajar.

·         Melakukan evaluasi mengenai keberhasilan dan kekurangan dalam pengimplementasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata Topik 3 Pembelajaran Berdiferensiasi

Nama                : SARI PURWANINGSIH NIM                 : 2200103912800017 Mata Kuliah     : Pembelajaran Berdiferensiasi AKSI NYA...