Nama : SARI PURWANINGSIH
NIM : 2200103912800017
Mata Kuliah : Pembelajaran Berdiferensiasi
AKSI
NYATA
TOPIK
3
1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini?
Mengapa?
Saya merasa puas
dengan proses belajar pada topik ini karena saya mendapatkan banyak pengetahuan
baru di eksplorasi konsep yaitu bermacam strategi pembelajaran berdiferensiasi seperti
Project-Based Learning, Small Group Discussion, Jigsaw Reading, dan Strategi
Problem-Based Instruction serta contoh penerapannya. Pada koneksi antar materi,
saya juga diminta untuk mengaitkan materi topik ini dengan pembelajaran di mata
kuliah lain sehingga pembelajaran pada topik ini lebih bermakna.
2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik
ini?
Setelah
mempelajari topik ini saya mempunyai ide untuk merancang serta menerapkan
strategi-strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan
karakteristik, level kemampuan serta kebutuhan peserta didik sehingga
pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan maksimal.
3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?
Langkah awal
yang saya lakukan adalah memahami strategi-strategi dalam pembelajaran
berdiferensiasi dan cara penerapannya (sintaks-sintaksnya). Setelah itu memetakan
peserta didik sesuai kebutuhan, minat belajar dan profilnya dan dilanjutkan
dengan menentukan salah satu strategi pembelajaran yang akan diterapkan. Membuat
perangkat pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan profil peserta didik
dan menerapkannya. Langkah terakhir adalah melakukan evaluasi untuk mengetahui
tingkat keberhasilan proses belajar.
4. Apa yang melatarbelakanginya?
Hal yang
melatarbelakangi saya melakukan ide tersebut adalah saya menyadari bahwa setiap
peserta didik memiliki karakteristik, kondisi dan kebutuhan belajar yang
berbeda, sehingga dalam pembelajaran membutuhkan perlakuan yang berbeda pula. Peserta
didik dengan usia yang sama belum tentu memiliki tingkat kemampuan dan
kebutuhan yang sama. Dengan begitu guru harus mampu mengakomodir keberagaman
peserta didik dalam kelas. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi
sehingga setiap kebutuhan peserta didik terpenuhi
5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?
Tujuan dari
kegiatan tersebut adalah memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik
untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan
profil belajar peserta didik tersebut. Dengan menerapkan strategi pembelajaran
berdiferensiasi sesuai dengan kebutuhan dan profil peserta didik, diharapkan
proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna. Peserta didik
belajar dengan rasa senang tanpa adanya sebuah paksaan atau tuntutan yang
membuat mereka menjadi tertekan atau tidak nyaman ketika belajar di sekolah. Sehingga
tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan akan tercapai.
6. Apa indikator keberhasilannya?
·
Peserta didik merasa nyaman selama pembelajaran
·
Peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi.
·
Peserta didik dapat aktif mengikuti pembelajaran.
·
Peserta didik memahami materi yang disampaikan.
·
Peserta didik mampu merefleksi pembelajaran yang telah
disampaikan dengan baik
·
Meningkatnya hasil belajar setiap peserta didik,
7. Bagaimana langkahnya?
·
Menemukenali karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan
peserta didik.
·
Melakukan asesmen kepada peserta didik agar memahami
karakteristik, level kemampuan dan kebutuhan yang dimiliki setiap peserta
didik.
·
Merancang strategi pembelajaran berdiferensiasi
berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan
·
Mengimplementasikan strategi pembelajaran
berdiferensiasi dengan memperhatikan aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi,
mulai dari diferensiasi konten/isi, proses, produk serta lingkungan belajar.
·
Melakukan evaluasi mengenai keberhasilan dan
kekurangan dalam pengimplementasikan strategi pembelajaran berdiferensiasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar