Nama : SARI PURWANINGSIH
NIM : 2200103912800017
Mata Kuliah : Pembelajaran Berdiferensiasi
AKSI NYATA
TOPIK 2
1. 1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini?
Mengapa?
Saya merasa puas
dengan proses belajar pada topik ini karena saya mendapatkan banyak pengetahuan
baru di eksplorasi konsep yaitu aspek-aspek yang terdapat dalam pembelajaran
berdiferensiasi, mulai dari diferensiasi konten/isi, proses, produk serta
lingkungan belajar. Pada koneksi antar materi, saya juga diminta untuk
mengaitkan materi topik ini dengan pembelajaran di mata kuliah lain sehingga
pembelajaran pada topik ini lebih bermakna. Setelah mempelajari topik 2 saya
lebih memahami bahwa pada proses pembelajaran seorang pengajar boleh
menggabungkan keempat aspek diferensiasi menjadi sebuah pembelajaran
diferensiasi yang utuh, atau boleh memilih aspek mana saja yang akan
dijalankan. Hal yang paling penting adalah tujuan pembelajaran tercapai.
2. 2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik
ini?
Setelah
mempelajari topik ini saya mempunyai ide untuk mengimplementasikan aspek-aspek
pembelajaran berdiferensiasi, baik diferensiasi konten/isi, proses, produk
maupun lingkungan belajar serta memodifikasi pembelajaran dengan memperhatikan
aspek-aspek tersebut sesuai dengan kondisi serta kebutuhan peserta didik agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal.
3. 3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?
Langkah awal
yang saya lakukan adalah mempelajari dan memahami aspek-aspek dalam
pembelajaran berdiferensiasi; mengenali karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan
peserta didik. Setelah itu memetakan peserta didik sesuai kebutuhan, minat
belajar dan profilnya dan memodifikasi materi, model pembelajaran dan media
pembelajaran dan terakhir adalah melakukan evaluasi.
4. 4. Apa yang melatarbelakanginya?
Hal yang
melatarbelakangi saya melakukan ide tersebut adalah saya menyadari bahwa setiap
peserta didik memiliki karakteristik, kondisi dan kebutuhan belajar yang
berbeda, sehingga dalam pembelajaran membutuhkan perlakuan yang berbeda pula.
5. 5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?
Tujuan dari
kegiatan tersebut adalah memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik
untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan
profil belajar peserta didik tersebut.
6. 6. Apa indikator keberhasilannya?
·
Peserta didik merasa nyaman selama pembelajaran
·
Peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi.
·
Peserta didik dapat aktif mengikuti pembelajaran.
·
Peserta didik memahami materi yang disampaikan.
·
Peserta didik mampu merefleksi pembelajaran yang telah
disampaikan dengan baik
·
Meningkatnya hasil belajar setiap peserta didik,
7. 7. Bagaimana langkahnya?
·
Menemukenali karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan
peserta didik.
· Melakukan asesmen kepada peserta didik agar memahami
karakteristik, dan kebutuhan yang dimiliki setiap peserta didik.
· Merancang pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan
hasil asesmen yang telah dilakukan
· Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi
dengan memperhatikan aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi, mulai dari
diferensiasi konten/isi, proses, produk serta lingkungan belajar.
· Melakukan evaluasi mengenai keberhasilan dan
kekurangan dalam pengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar