Rabu, 18 Januari 2023

AKSI NYATA TOPIK 2 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

 

Nama               : SARI PURWANINGSIH

NIM                : 2200103912800017

Mata Kuliah    : Pembelajaran Berdiferensiasi

AKSI NYATA

TOPIK 2

1.    1Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?

Saya merasa puas dengan proses belajar pada topik ini karena saya mendapatkan banyak pengetahuan baru di eksplorasi konsep yaitu aspek-aspek yang terdapat dalam pembelajaran berdiferensiasi, mulai dari diferensiasi konten/isi, proses, produk serta lingkungan belajar. Pada koneksi antar materi, saya juga diminta untuk mengaitkan materi topik ini dengan pembelajaran di mata kuliah lain sehingga pembelajaran pada topik ini lebih bermakna. Setelah mempelajari topik 2 saya lebih memahami bahwa pada proses pembelajaran seorang pengajar boleh menggabungkan keempat aspek diferensiasi menjadi sebuah pembelajaran diferensiasi yang utuh, atau boleh memilih aspek mana saja yang akan dijalankan. Hal yang paling penting adalah tujuan pembelajaran tercapai.

 

2.      2Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?

Setelah mempelajari topik ini saya mempunyai ide untuk mengimplementasikan aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi, baik diferensiasi konten/isi, proses, produk maupun lingkungan belajar serta memodifikasi pembelajaran dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut sesuai dengan kondisi serta kebutuhan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal.

 

3.     3.  Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?

Langkah awal yang saya lakukan adalah mempelajari dan memahami aspek-aspek dalam pembelajaran berdiferensiasi; mengenali karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan peserta didik. Setelah itu memetakan peserta didik sesuai kebutuhan, minat belajar dan profilnya dan memodifikasi materi, model pembelajaran dan media pembelajaran dan terakhir adalah melakukan evaluasi.

 

4.      4. Apa yang melatarbelakanginya?

Hal yang melatarbelakangi saya melakukan ide tersebut adalah saya menyadari bahwa setiap peserta didik memiliki karakteristik, kondisi dan kebutuhan belajar yang berbeda, sehingga dalam pembelajaran membutuhkan perlakuan yang berbeda pula.

 

5.      5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik tersebut.

 

6.      6. Apa indikator keberhasilannya?

·         Peserta didik merasa nyaman selama pembelajaran

·         Peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi.

·         Peserta didik dapat aktif mengikuti pembelajaran.

·         Peserta didik memahami materi yang disampaikan.

·         Peserta didik mampu merefleksi pembelajaran yang telah disampaikan dengan baik

·         Meningkatnya hasil belajar setiap peserta didik,

 

7.      7. Bagaimana langkahnya?

·         Menemukenali karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan peserta didik.

·      Melakukan asesmen kepada peserta didik agar memahami karakteristik, dan kebutuhan yang dimiliki setiap peserta didik.

·       Merancang pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan

·      Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dengan memperhatikan aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi, mulai dari diferensiasi konten/isi, proses, produk serta lingkungan belajar.

·      Melakukan evaluasi mengenai keberhasilan dan kekurangan dalam pengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata Topik 3 Pembelajaran Berdiferensiasi

Nama                : SARI PURWANINGSIH NIM                 : 2200103912800017 Mata Kuliah     : Pembelajaran Berdiferensiasi AKSI NYA...