Rabu, 11 Januari 2023

AKSI NAYATA TOPIK 1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Nama               : SARI PURWANINGSIH

Mata Kuliah    : Pembelajaran Berdiferensiasi

AKSI NYATA TOPIK 1

PPG PRAJABATAN GEL. 2

PLB UNESA

1.      1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?

Saya merasa puas dengan proses belajar pada topik ini karena saya mendapatkan banyak pengetahuan baru di eksplorasi konsep mulai dari konsep pembelaran berdiferensiasi, teori-teori yang melandasinya serta pemetaan kebutuhan belajar peserta didik. Selain itu dalam proses pembelajaran tidah hanya membaca dan memahami materi, namun juga diberikan studi kasus yang berkaitan sehingga melatih saya untuk memecahkan masalah tersebut.  Pada koneksi antar materi, saya juga diminta untuk mengaitkan materi topik ini dengan pembelajaran di mata kuliah lain sehingga pembelajaran pada topik ini lebih bermakna. Setelah mempelajari topik 1 saya lebih memahami bahwa setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda sehingga dalam pembelajaran memerlukan pembelajaran berdiferensiasi agar kebutuhan setiap peserta didik dapat terpenuhi.

 

2.      2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?

Setelah mempelajari topik ini saya mempunyai ide untuk lebih memahami karakteristik, kemampuan serta kebutuhan setiap peserta didik agar mampu menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan optimal saat PPL PPG nanti.

 

3.      3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?

Langkah awal yang saya lakukan adalah melakukan asesmen untuk mengetahui kemampuan awal serta kebutuhan setiap peserta didik. Setelah melakukan asesmen langkah selanjutnya adalah merancang pembelajaran sesuai dengan hasil asesmen serta melakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan belajar setiap peserta didik.

 

4.      4Apa yang melatarbelakanginya?

Hal yang melatarbelakangi saya melakukan ide tersebut adalah saya menyadari bahwa setiap peserta didik memiliki kebutuhan belajar yang berbeda, sehingga proses untuk memenuhi kebutuhan tersebut berbeda-beda pula.

 

5.      5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik tersebut.

 

6.      6Apa indikator keberhasilannya?

·         Peserta didik merasa nyaman selama pembelajaran

·         Meningkatnya hasil belajar setiap peserta didik,

7.    7.  Bagaimana langkahnya?

·         Menemukenali karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan peserta didik.

·      Melakukan asesmen kepada peserta didik agar memahami karakteristik, dan kebutuhan yang dimiliki setiap peserta didik.

·         Merancang pembelajaran berdiferensiasi.

·         Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.

·     Melakukan evaluasi mengenai keberhasilan dan kekurangan dalam pengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aksi Nyata Topik 3 Pembelajaran Berdiferensiasi

Nama                : SARI PURWANINGSIH NIM                 : 2200103912800017 Mata Kuliah     : Pembelajaran Berdiferensiasi AKSI NYA...