Nama : SARI PURWANINGSIH
Mata Kuliah : Pembelajaran Berdiferensiasi
AKSI
NYATA TOPIK 1
PPG PRAJABATAN GEL. 2
PLB UNESA
1. 1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini?
Mengapa?
Saya merasa puas
dengan proses belajar pada topik ini karena saya mendapatkan banyak pengetahuan
baru di eksplorasi konsep mulai dari konsep pembelaran berdiferensiasi,
teori-teori yang melandasinya serta pemetaan kebutuhan belajar peserta didik.
Selain itu dalam proses pembelajaran tidah hanya membaca dan memahami materi,
namun juga diberikan studi kasus yang berkaitan sehingga melatih saya untuk
memecahkan masalah tersebut. Pada
koneksi antar materi, saya juga diminta untuk mengaitkan materi topik ini
dengan pembelajaran di mata kuliah lain sehingga pembelajaran pada topik ini
lebih bermakna. Setelah mempelajari topik 1 saya lebih memahami bahwa setiap
individu memiliki karakteristik yang berbeda sehingga dalam pembelajaran
memerlukan pembelajaran berdiferensiasi agar kebutuhan setiap peserta didik
dapat terpenuhi.
2. 2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik
ini?
Setelah
mempelajari topik ini saya mempunyai ide untuk lebih memahami karakteristik,
kemampuan serta kebutuhan setiap peserta didik agar mampu menerapkan
pembelajaran berdiferensiasi dengan optimal saat PPL PPG nanti.
3. 3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?
Langkah awal
yang saya lakukan adalah melakukan asesmen untuk mengetahui kemampuan awal
serta kebutuhan setiap peserta didik. Setelah melakukan asesmen langkah
selanjutnya adalah merancang pembelajaran sesuai dengan hasil asesmen serta
melakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan belajar setiap peserta didik.
4. 4. Apa yang melatarbelakanginya?
Hal yang
melatarbelakangi saya melakukan ide tersebut adalah saya menyadari bahwa setiap
peserta didik memiliki kebutuhan belajar yang berbeda, sehingga proses untuk
memenuhi kebutuhan tersebut berbeda-beda pula.
5. 5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?
Tujuan dari
kegiatan tersebut adalah memberikan kesempatan kepada setiap peserta didik
untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan
profil belajar peserta didik tersebut.
6. 6. Apa indikator keberhasilannya?
·
Peserta didik merasa nyaman selama pembelajaran
·
Meningkatnya hasil belajar setiap peserta didik,
7. 7. Bagaimana langkahnya?
·
Menemukenali karakteristik, kemampuan, dan kebutuhan
peserta didik.
· Melakukan asesmen kepada peserta didik agar memahami
karakteristik, dan kebutuhan yang dimiliki setiap peserta didik.
·
Merancang pembelajaran berdiferensiasi.
·
Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.
· Melakukan evaluasi mengenai keberhasilan dan
kekurangan dalam pengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar